Terdapat banyak cara menampilkan "hello world" pada Java. Selain JOption yang sudah pernah diulas sebelumnya, ada cara lain yaitu seperti code di bawah ini:
This file contains bidirectional Unicode text that may be interpreted or compiled differently than what appears below. To review, open the file in an editor that reveals hidden Unicode characters.
Learn more about bidirectional Unicode characters
public class HelloJava1 extends javax.swing.JComponent { | |
public static void main(String [] args) { | |
javax.swing.JFrame f = new javax.swing.JFrame("Hello Java1! "); | |
f.setSize(300, 300); | |
f.getContentPane().add(new HelloJava1()); | |
f.setVisible(true); | |
} | |
public void paintComponent(java.awt.Graphics g) { | |
g.drawString("Hello World!", 125, 95); | |
} | |
} |
javax.swing.JFrame f = new javax.swing.JFrame("HelloJava1");
javax.swing.JFrame merupakan suatu nama class yang dapat menampilkan halaman jendela pada layar (sebut saja nama kelas tersebut singkatnya JFrame). Kelas sendiri merupakan suatu template, blue print, seperti halnya rancangan gedung. new adalah kata kunci yang digunakan untuk memberikan informasi kepada Java agar mengalokasikan memori dan menginisialisaikan suatu objek baru bernama JFrame.
f.setSize(300, 300); adalah ukuran jendela yang akan kita buat untuk bisa menampilkan "hello world". Dan ukurannya adalah sangat kecil.
f.getContentPane().add(new HelloJava1( )); maksudnya di dalam JFrame akan ditempatkan suatu objek bernama "HelloJava1"
f.setVisible(true); digunakan untuk menampilkan bingkai jendela beserta isinya karena main ( ) bertugas untuk menyembunyikan tampilan window, dan dengan perintah f.setVisible(true); maka tampilan akan keluar.
public void paintComponent(java.awt.Graphics g) {...} paint component merupakan method untuk memanggil jenis/tipe Graphics yang disebut g.
No comments:
Post a Comment