Saturday, July 18, 2015

Arduino

Arduino UNO

Gambar diatas kita sebut sebagai perangkat keras (hardware Arduino). Pertama kali dibuat di Italia.

Perangkat seperti apakah Arduino?

Arduino dibangun diatas platform komputasi fisik yang bersifat open source (gratis dan dapat dibangun secara bersama-sama).  Dengan arduino kita dapat mengatur lampu agar mati dan hidup secara otomatis, mengatur tingkat kecepatan motor,mengatur derajat putaran lengan robot, dll. Dari contoh tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Arduino merupakan suatu perangkat yang dapat mengontrol atau mengatur suatu sistem (Kontroler). Pekerjaan dengan menggunakan Arduino ini dapat dikombinasikan dengan software lain seperti Flash, Processing Max/MSP dll.

Arduino juga disebut sebagai perangkat interaktif yang kerjanya yang mampu merasa dan mengontrol (sense and control) suatu sistem.

Perangkat interaktif ini merupakan suatu rangkaian elektronika yang dapat digunakan untuk merasakan adanya perubahan lingkungan melalui  sensor yang mampu menerima informasi/input dari lingkungan. Informasi diterima dan diolah oleh Arduino untuk kemudian dijalankan berdasarkan perintah yang diprogram ke dalam bahasa Arduino. Perintah pada akhirnya dijalankan oleh aktuator.

Untuk membuat sistem yang dapat merasa dan mengontrol (sense and control) kita harus mengenal bahasa pemrograman Arduino. Seperti kata Nelson Mandela "If you talk to a man in a language he understand, that goes to his head, if you talk to a man in his language that goes to his heart". Begitu pula dalam mengenal Arduino, kalau ingin paham betul kita harus juga memahami bahasa Arduino yang berbasiskan bahasa C.





No comments: